Senang sekali rasanya meninggalkan banyak kenangan di 2016. Banyak kegiatan yang saya lakukan, banyak teman baru yang saya dapatkan dan banyak sekali kenanngan yang terukir dalam dalam pikiran saya.

Memasuki 2017, akupun percaya perlu sesuatu yang baru untuk dikerjakan. Aku perlu terus mengembangkan diri dan menggali potensi semakin dalam dan perlu merasakan semakin banyak suasana untuk semakin menegasakan siapa diriku sebenarnya.

Di tahun 2017 ini, aku berharap banyak hal. Tapi, beberapa hal yang aku harapkan itupun tak lain adalah harapan harapan yang aku ingin capai sejak dulu namun belum kesampaian. Karena itu, ditahun terakhirku sebagai mahasiswa ini, aku mau mencapai semuanya.

Disemester terakhir ini, aku ingin mendapatkan IPS > 3.6. Sebelumnya aku tidak pernah mendapatkan IP lebih tinggi dari itu. Melihat akan semakin banyak kegiatan yang akan kulakukan di semester akhir ini, aku mau realistis dengan IP dan harus berjuang keras mendapatkannya.

Selain itu, aku juga berharap ketika lulus nanti, aku langsung terbang ke negara lain untuk menempuh pendidikan Master. Tujuan utama  adalah Inggris atau Amerika Serikat. Alasannya, aku jatuh cinta dengan negara negara berbahasa inggris. Kalo Kanada mungkin bisa juga jadi destinasi, tapi kalo Australia?  ah, terlalu dekat dengan Balige. Nanti kalau liburan semester disuruh pulang bajak sawah. Hmmm.

Selain itu, aku juga harus menyempatkan sedikit banyaknya waktu luang untk belajar IELTS untuk persiapan tes diakhir semester nanti. Karena keterbatasan dana, aku sih lebih memilih ikut kelas online dari EDX, Coursera, dll. Pastinya butuh komitmen dan disiplin. Artinya, kembali pada diri sendiri untuk terus semangat dan fokus pada tujuan akhir.

Lagi, selain bahasa inggris, ada satu lagi bahasa yang ingin aku pelajari. Setidaknya aku harus menyempatkan paling tidak 4 jam seminggu belajar bahasa mandarin. Mungkin akhir akhir ini aku jatuh cinta dengan bahasa Thailand dan bisa ngomong ala kadarnya. Tapi for the sake of realistic, ku putuskan belajar bahasa mandarin saja. Toh kan, aku sudah pernah belajar bahasa ini tiga tahun. Cuma butuh diingat ingat lagi aja.

Terakhir, aku berharap, selama semester terakhir ini, aku kebali diberi kesempatan merasakan perjalanan ke negeri orang untuk menambah pengalama dan menggal kekayaan ilmu dan budaya asing.

Itu saja resolusi utama yang ingin aku capai. Kalo resolusi kecil kecil lainnya pasti banyak. tapi perlu komitmen tinggi untuk mencapainya. Intinya harus komitmen dan disiplin. kita akan lihat di desember 2017, apakah semua resolusi ini tercapai. yuk yuk, evaluasi bareng bareng.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s