Berburu Beasiswa Internasional Part 2

ISE merupakan fakultas favorit yang hanya terdiri dari empat jurusan, yakni Nano Engineering (NANO), Automotive Design and Manufacturing Engineering (ADME), Information and Communication Engineering (ICE), dan Aerospace Engineering (AERO). Saya yang sudah sempat berjanji tidak mengikuti seleksi lagi, tapi masih saja tergoda dengan progam ini. Saya tertarik betul dengan nanoteknologi dan, menurut saya, program ini sangat relevan dengan jurusan saya saat ini.

Sayapun akhirnya mengingkari janji. Saya segera mempersiapkan dokumen. Saya sempat pesimis dengan beasiswa ini karena deadline dokumen adalah tiga hari setelah pengumuman penerimaan aplikan. Padahal untuk memproses transkrip nilai paling tidak membutuhkan waktu seminggu.

Sayapun segera mengisi formulir, membuat surat motivasi, dan menyiapkan foto, sertifikat TOEFL dan foto kopi paspor. Kemudian saya menghubungi kepala jurusan saya untuk memberikan rekomendasi yang kemudian selesai esok harinya.

Saya berpikir keras untuk mendapatkan transkrip bahasa Inggris dalam waktu dua hari. Akhirnya saya melobi panitia seleksi beasiswa Dankook untuk mengembalikan dokumen saya. Awalnya panitia tak mau mengembalikannya karena dokumen tersebut sudah diarsipkan.

Sayapun tak berhenti di situ. Di hari terakhir pengumpulan saya melobi staff IO dan ternyata dokumen saya dikembalikan. Saya segera memisahkan transkrip dan menyelipkannya ke dokumen baru saya. Tepat pukul dua belas, saya kumpulkan dokumen tersebut di kantor IO.

Esoknya saya kembali dihubungi panitia untuk memperbaiki dokumen yang salah. Pukul sembilan pagi, saya sudah di kantor IO untuk memperbaiki dokumen. Saya menyelesaikan perbaikan sebelum pukul dua belas, sebab saya harus mengejar kereta api ke Jakarta untuk mengikuti South East Asia Model United Nation (SEAMUN) 2015. 

Dua minggu kemudian saya mulai gelisah dengan pengumuman beasiswa ini. Rasanya pengumumannya terlalu lama dan saya sempat pesimis. Saya mulai menyalahkan diri saya yang telah menghabiskan waktu, mengejar – ngejar dosen untuk menyiapkan aplikasi.

Hari-hari saya lewati dengan putus asa, penyesalan dan kekecewaan yang semakin menjadi-jadi.  Saya sangat menyesal melanggar janji saya dan semakin bertekad untuk fokus kuliah saja. Namun pada 28 Desember, sebulan setelah pendaftaran, saya mendapat email dari orang tak dikenal dengan judul “Announcement of 1 Semester Scholarship Program”.

Saya membaca email tersebut dengan perlahan-lahan. Kata demi kata saya cerna satu persatu berharap tak ada yang saya lewatkan. Saya sempat tak mengerti maksud email itu hingga akhirnya saya membuka file gambar lampiran pada email itu.

Saya sangat terkejut melihat nama saya terpampang di antara  sembilan orang lainnya. Saat itulah saya sadar bahwa saya mendapatkan beasiswa studi di Chulalongkorn University. Setelah membaca ulang isi email itu, saya lebih terkejut lagi karena selain mendapatkan beasiswa uang kuliah dan biaya hidup, Chulalongkorn University bahkan bersedia membiayai penerbangan pulang pergi bagi ke sepuluh penerima beasiswa ini.

Hati saya melonjak kegirangan, dan segera saya mengabari keluarga saya.  Saya berlari ke sana kemari, berteriak di kosan saya yang hanya dihuni sepuluh orang. Bak kuda lepas dari kandangnya, saya tak mampu menahan kegirangan saya hingga akhirnya saya berhenti karena kelelahan.

Malam itu, saya pun mulai menggambarkan kehidupan baru yang saya akan saya miliki di Bangkok. Pengalaman itu akan menjadi pengalaman tak terlupakan dalam hidup saya. Dari pengalaman ini, saya belajar untuk pantang menyerah. Sebab, dibalik kerja keras, selalu ada pengharapan.

*) Penulis adalah mahasiswa jurusan Materials and Metalurgical Engineering di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kini penulis magang sebagai jurnalis di Radar Surabaya.

Leave a Reply

