Hari ini aku iseng iseng buka salah satu grup pesbuk dan nemu info freelance. Ada beberapa option yang bisa di-apply, tapi aku cuma tertarik sama dua pilihan aja. Yaitu penulis dan penerjemeh.

Sebenarnya masih dirundung seramnya Tugas Akhir dan bingung dengan berbagai aplikasi S2, tapi aku pikir, apa salahnya mencoba. toh, nanti kalo ada kerjaan kan akhir akhirnya duit juga. Lumayan buat nebelin dompet dua dimensi ini. hehehhee

So, setelah sibuk ngisi ngisi data, eh ada permintaan bikin portofolio. Aku sebenarnya gak pernah bikin portofolio, tapi karena adapermintaan ini, akhirnya aku kepikiran deh screenshot tulisan tuliasan aku yang dimuat aja.

Akhirnya jadilah aku surfing website ITS untuk mencari tulisan tulisan yang pernah aku edit serta portal berita sorot daerah. Kebetulan selama aku magang di Radar dulu, berita beritaku aku kirim juga ke sorot daerah dan Puji Tuhan semua naik web. Kalo di Radar, gak mungkin banget berita anak magang naik koran, soalnya sudah ada juga reporter yang liputan itu. kebetulan tulisam tulisan kami selalu masuk dapur jam 7 malam keatas. Padahal jam 6 sore aja, itu koran udah di-lay-out. Artinya berita dari reporternya udah harus masuk sebelum jam 4. makanya dipastikan tulisan kam anak magang gak bakal mungkin bisa masuk koran.

Balik ke cerita, demi screenshot tulisan itu, aku pun mulai cari cari cara biar bisa screenshoot satu layar penuh web berita itu. selama ini aku pakenya snipping tool atau print screen doang. Padahal kan itu cuma nangkap gambar yang keliatan di layar. Nah, kalo buat yang ini, aku butuh satu layar penuh ketangkap dengan beritaku terlihat jelas.

Setelah cari cari beberapa opsi, akhirnya aku nemu https://web-capture.net/convert.php
portal ini menyediakan layanan capture web hanya dengan kopi paste link web yang ingin kita screechoot satu layar penuh. Kemudian setelah klik capture web page, nanti akan tampil seperti gambar di bawah. Kemudian bisa tinggal klik download dan akhirnya, akan terdownload secara otomatis.

Capture

Serunya, screenshoot yang kita inginkan bisa dipilih dalam bentuk JPEG, PDF, TIFF, BMP, PNG, dll. asik kan, Selain tanpa harus donwload software ato pasang adds on di web, kita udah bisa screenshoot hanya dengan kopi pasti link. Makanya aku suka banget layanan ini. kalo teman teman butuh screenshoot satu web, bisa coba cara ini ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

