Menjadi Murid Serupa Kristus

“Apasih pemuridan itu?”
“Kenapa pemuridan itu pentin?”
“Apa bedanya pemuridan dengan kelompok pemuda di gereja?”

Beberapa pertanyaan itu sering dilontarkan teman teman ku. Mereka sepertinya belum paham betul apa dan bagaimana konsep pemuridan yang benar. Sebagai salah satu mahasiswa teknik di ITS, saya harus mengikuti konsep pemuridan yang diwajibkan bagi semua mahasiswa baru di ITS.

Kala itu, pemuridan yang dimaksud adalah pembimbingan mahasiswa baru dalam perspektif kristiani. Kami memanggil programmnya sebagai Kelompok Kecil (KK).  Sebagai anak yang sudah dibina di Perkantas, aku tisak asing dengan istilah itu.

Aku mengikuti KK selama satu tahun dan berhenti karena PKK kami waktu itu sudah lulus. Meski demikian, aku juga mengikuti kelompok tumbuh bersama (KTB) dari perkantas. KTB adalah lanjutan dari KK.

Perkantas memiliki suatu moto, “Student Today Leader Tomorrow”. Moto ini menggambarkan cita-cita yang hendak dicapai melalui proses pemuridan di kalangan siswa dan mahasiswa. Dari pemuridan itu, kelak akan dihasilkan para pemimpin (dalam konteks luas) yang akan menjadi berkat dimanapun dia berada (sesuai visi Perkantas).

Menjadi murid di pemuridan di Perkantas merupakan salah satu berkat Tuhan yang pernah aku rasakan. Ia dengan sangat luar biasanya memberikan aku berbagai kesempatan merasakan kasihnya yang luar biasa. Aku banyak merasakan pembimbingan yang hebat dari Pemimpin Kelompok Kecil (PKK) yang pernah mendidikku.

Beberapa kebiasaan burukku perlahan lahan dikikis dalam pemuridan ini. Yang paling berdampak adalah ketika aku SMA, aku menjadi pribadi yang tidak bisa menahan emosi. Dengan semena mena aku selalu naik pitam jika adikku bermasalah di rumah. Tak segan segan aku memukulnya kala itu. Namun karena kasih Kristus yang aku rasakan melalui pembinaan di Perkantas, aku mulai belajar menahan emosi. Aku sangat menyayangi adikku sekarang.

Selain itu, dengan pembinaan di perkantas juga, aku berani menantang diri untuk ebtul betul jujur dalam ujian. Saat Ujian Nasional (UN) SMA, terdapat banyak sekali teman teman yang mendapatkan kunci jawaban. Entah dari mana mereka mendapatkannya, mereka menggunakannya ketika UN. Ada godaan  yang sangat besar yang mengganggu pikiranku. Ada juga ketakutan besar jika aku tidak lulus. Namun akhirnya aku lulus UN juga meski dengan nilai pas pasan. Masih banyak cara hidupku yang diubahkan Tuhan waktu itu.

Sebagai (Anak Kelompok Kecil) AKK yang sudah dibina bertahun tahun, aku rindu mendapatkan kesempatan menjadi PKK yang baik dan mampu memberikan contoh hidup kristiani bagi AKK yang akan aku pimpin. Aku percaya dengan menjadi PKK aku bisa semakin menajamkan gaya hidup kristiani dan semakin banyak mentransfer ketuhanan kristus untuk mengubahkan hidup AKK ku nanti.

Semoga dalam waktu dekat ini, Tuhan beri kesempatan aku mendapatkan adik KTB untuk dibina. anyway, bagi yang mau tau konsep pemuridan di perkantas silahkan buka yutub di link https://www.youtube.com/watch?v=eS0HSUC3Ua0
(mohon maaf tak bisa bikin video di blog ini. akunnya masih gratisan)

Video Source:
http://www.perkantasjatim.org
Animator: Orlianto Lingga Tumende

Leave a Reply

