Balada Dana TA Anak Teknik Material

Sebenarnya cuma pengen curhat aja masalah dana TA yang aku kerjain satu semester ini. Jadi, proyek TA saya adalah membuat material untuk filamen 3D printing tulang buatan. Proyek ini tidak dibiayai sama dosen, jadi semua biaya ditanggung penumpang.

Awalnya kupikir gak terlalu berat. Ternyata setelah menjalaninya lumayan bikin pusing juga. Selain TA nya sendiri yang udah lumayan ribet, aku pun harus ekstra mikir dana untuk TA ini.

Bahan utama material ini adalah Polylactic Acid (PLA). Material ini susah banget dicari di Indonesia. Tapi berhubung dosenku punya PLA, akhirnya aku make itu aja. Untuk melarutkan PLA, aku pake pelarut kloroform. Saat menulis ini, harga kloroformnya 68.000 per 100ml. Sejauh ini, aku sudah menggunakan 300ml kloroform untuk trial, dan 500ml untuk bikin spesimen uji SEM, XRD, FTIR.

Aku juga masih harus bikin spesimen untuk uji kekerasan dan uji tarik. Saat ini sih, kloroform yang ku siapkan sebanyak 500ml. So, sejauh ini kloroform yang kubeli udah menghabiskan kurang lebih 700.000 (ada pengurangan untuk pembelian kloroform jumlah banyak).

Selain kloroform, aku juga pernah membeli tulang sapi, larutan lain dan perlengkapan seperti petridish, crucible, soda kue, tepung maizena, dan lain lain. So, sejauh ini sudah menghabiskan sekitar  dua juta.

Hari ini aku mencoba bikin perkiraan dana untuk pengujian spesimen. Untuk materialnya aku bakal make uji SEM EDX sekitar 350.000 per jam. let say bakal uji selama dua jam untuk enam sampel. Jadi butuh dana sekitar 700.000. Kemudian uji FTIR dan XRD masing masing 50.000 per sampel. Karena memakai enam sampel, maka untuk uji keduanya butuh 600.000.

Selain itu, aku juga bakal uji DMA di laboratorium bahan Fisika MIPA ITS. Ininih, lumayan mahal, per sampel dihargai 200.000. Kalau pake enam sampel aja udah butuh 1.2 juta. Ditambah lagi, uji anti bakteri di lab Mikrobiologi di Biologi ITS. Per petridish, dihargai 350.000. Padahal butuh minimal  6 petridish, jadi sekitar 2.1 juta.

Kalau dihitung hitung, pengujian aja butuh 4.6 juta. Beli bahan bahan dan perlengkapan lain, butuh 2.5 juta. Total dana minimal untuk TA ini sekitar 7.1 juta. And this number make me totally dying. Jadi, saranku sih buat yang mau ambil TA, mending ikut proyek dosen yang mau biayain TA anda. Supaya gak capek capek mikirn dana dan lebih fokus pada hasil akhirnya.

Leave a Reply

