Maksimalkan Modernitas Pendidikan, Raih Banyak Prestasi Di Era Millenial

Hegemoni pendidikan dalam menopang fondasi masa depan tak bisa dipungkiri. Pendidikan yang semakin modern memiliki otoritas dalam membentuk kesuksesan para pelajar generasi Millenial. Lalu, bagaimana sebaiknya para Millenial memanfaatkan potensi modernitas dalam mempersiapkan masa depan yang lebih cerah?

Generasi Millenial adalah generasi yang dipersiapkan dengan modernitas pendidikan yang mengadopsi berbagai macam latar belakang budaya pendidikan hingga disatukan menjadi pendidikan modern.

Pendidikan modern yang disajikan bagi generasi Millenial adalah pendidikan yang menunjang humanisasi dan harmonisasi masyarakat  sesuai dengan tuntutan zaman. Seperti yang dijelaskan Prof. Dr. Muhammad Nuh, DEA pada Simposium Internasional PPI Timur  Tengah – Afrika pada April silam,  seiring dengan berkembangnya pendidikan modern, generasi Millenial lahir menjadi generasi yang menyukai modul pendidikan dibandingkan teori-teori berkepanjangan.

Ini menunjukkan, generasi Millenial dituntut menjadi kreatif menerjemahkan modul-modul terpisah menjadi satu kesatuan ilmu yang universal. Hal seperti ini, oleh Bill Gates disebut Connecting The Dots. Selain memanfaatkan modul modul pendidikan, generasi Millenial juga dapat mengoptimalkan potensi dengan   memanfaatkan teknologi informasi.

Salah satu  keahlian Millenial adalah memiliki insting kuat dalam mengoperasikan teknologi modern seperti gadget dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Hal ini sebenarnya mampu menunjang prestasi Millenial. Dengan kemampuan mengoperasikan peralatan elektronik, para Millenial lebih cepat memperoleh informasi dan mengolahnya menjadi sebuah prestasi.

Selain itu, melalui pendidikan modern yang menawarkan pendidikan dunia maya, Millenial memiliki kesempatan belajar yang tidak terbatas. Ada banyak kesempatan belajar yang ditawarkan secara gratis dalam dunia maya. EDX, IndonesiaX , Coursera, Moocs,  dan beberapa platform lain adalah contoh yang sering digunakan Millenial. Melalui platform-platform ini, para  Millenial dapat mendobrak perbudakan kebodohan dalam zaman modern ini.

Disamping kebebasan mengakses pendidikan luar sekolah, para Millenial juga memiliki kebebasan tak terbatas mengakses kesempatan mengikuti program pelatihan, program pendidikan singkat, maupun informasi beasiswa. Melalui berbagai platform online, para Millenial dapat terhubung dengan  jutaan kesempatan belajar yang mana tak sedikit yang menawarkan program secara cuma-cuma.

Dalam sistem pendidikan modern, para Millenial juga diajarkan belajar berdasarkan prinsip kesenangan, kebebasan, dan minat.   Melalui prinsip ini, untuk meraih banyak prestasi, Millenial tak lagi perlu bersusah-susah belajar hal-hal yang dirasa tidak menopang masa depan. Melalui sistem ini, Millenial dapat mengoptimalkan kemampuan hanya pada hal-hal yang paling dikuasai saja.

Seperti yang dilansir pada Jawa Pos 7 April 2017, Millenial mencintai mobilitas tinggi dan modern nomadic.  Melalui gaya hidup nomaden, Millenial memiliki banyak kesempatan belajar dari tren yang berkembang di negara seberang, melihat perubahan di sisi lain provinsi, atau bahkan mampu mengubahkan daerah tertinggal lain melalui berbagai kegiatan sosial.

Traveling menjadi salah satu kesempatan bagi Millenial mengembangkan potensi sambil menikmati keindahan alam. Hal-hal seperti ini mampu merangsang daya kreativitas tak terbatas untuk melahirkan inovasi baru. Dengan sistem seperti ini, para Millenial sebenarnya mampu membentuk peradaban bangsa yang lebih cepat berkembang. Melihat potensi potensi saat ini, sudah sepantasnya sepantasnya para Millenial memiliki banyak prestasi. Caranya sangat mudah. Hanya dengan menjadi kreatif dan aktif memaksimalkan modernitas pendidikan saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s